• Senin, 21 Apr 2014 22:00 WIB

 

Alumni Registration

:: Sambutan Rektor ::
SAMBUTAN REKTOR

Yang saya hormati, Uskup Agung Jakarta, Mgr. Ignatius Suharyo; Yang saya hormati, Ibu/Bpk yang mewakili Kemendikbud; Yang saya hormati, Koordinator Kopertis Wilayah III atau yang mewakili; Yang saya hormati, semua Pembina, Pengawas, dan Pengurus Yayasan Atma Jaya Yang saya hormati, Dewan Penyantun Unika Atma Jaya Yang saya hormati, Direktur Utama Rumah Sakit Atma Jaya beserta jajarannya Yang saya hormati, para Pastor, Suster dan Bruder yang berkenan hadir Yang saya hormati, para Guru Besar, para Dekan Fakultas dan jajarannya, Direktur Sekolah Pascasarjana, para Kepala Biro, para Ketua Lembaga dan Pusat-Pusat, dan seluruh pimpinan unit yang ada di lingkungan Unika Atma Jaya; Ibu/Bapak dan saudara/i hadirin yang terhormat.





Selamat siang dan salam sejahtera bagi kita semua, Mengawali sambutan ini, saya hendak mengajak Ibu dan Bapak untuk bersama-sama memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kasih atas segala berkat dan karunia penyelenggaraan-Nya sampai saat ini. Secara khusus, patut kita syukuri berkat dan karunia Tuhan Yang Maha Kasih dalam seluruh proses. Pelantikan Rektor Unika Atma Jaya periode 2011-2015 yang diawali dengan Perayaan Ekaristi. Berkat penyelenggaraan Tuhan itu pulalah yang akhimya membuat saya dapat berdiri di mimbar ini untuk menyampaikan sambutan pertama sebagai Rektor Unika Atma Jaya. Kita semua percaya bahwa semua yang terjadi pada hari ini adalah menurut kehendak-Nya. Inilah penyelenggaraan llahi, providentia Dei!





Para hadirin yang terhormat, Saya meyakini bahwa pelantikan ini merupakan awal dari suatu komitmen dan kerja besar untuk rnenumbuhkembangkan Unika Atma Jaya sejak sekarang sampai 4 (empat) tahun ke depan. Ini merupakan komitmen dan kerja besar untuk turut merealisasikan impian dan cita-cita para perintis dan pendiri Unika Atma Jaya guna mencerdaskan bangsa melalui semangat "Pro Ecclesia et Patria", "untuk Gereja dan Tanah Air". Hadirin yang saya hormati,





Sebagai Rektor terpilih yang dilantik pada hari ini, perkenankanlah saya menyampaikan beberapa hal yang akan menjadi bagian dari "komitmen dan kerja besar" kami dalam 4 (empat) tahun ke depan.





Pertama, pada tataran akademis, saat ini Unika Atma Jaya telah memiliki 8 (delapan) Fakultas dan 1 (satu) Sekolah Pascasarjana dengan rincian sebagai berikut: 17 (tujuh belas) program studi Strata 1 (S-1), 4 (empat) program studi Strata 2 (S-2) dengan 2 Program Profesi, dan 1 (satu) program studi Strata 3 (S-3). Dengan mencermati pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta budaya, kami meyakini bahwa dalam kurun waktu 4 (empat) tahun ke depan jumlah program studi baik S-1, S-2, maupun S-3 di Unika Atma Jaya pasti masih akan berkembang dan bertambah, guna menjawab pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta budaya Atma Jaya perlu menghadirkan program studi dan profesi lain. Kehadiran program studi baru yang akan datang tentu juga menjadi bagian dari komitmen Unika Atma Jaya untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan keunggulan akademis dan lulusan yang profesional.





Kedua, sebagai suatu universitas Katolik, Unika Atma Jaya tentu akan terus berupaya mengemban misi pelayanan dengan berpedoman pada Konstitusi Apostolik "Ex Corde Ecclesiae". Karena itu Unika Atma Jaya sebagai suatu universitas Katolik akan terus berusaha mewujudkan tugas-tugas universitas Katolik, di antaranya adalah: "berusaha menemukan kebenaran yang utuh melalui jalan pengetahuan dan memberikan layanan tanpa pamrih dalam mewartakan kebenaran, yang berarti secara intelektual memadukan dua tatanan realitas, iman dan ilmu pengetahuan dengan tetap menghargai martabat manusia." Mengacu pada pedoman tersebut, dapat dirumuskan secara singkat keutamaan-keutamaan yang perlu ditumbuhkan di civitas academica Unika Atma Jaya, adalah nilai-nilai cara berpikir kritis, sikap humanis dan bersedia membuka diri terhadap perbedaan (inklusif) dalam semangat pelayanan. Secara khusus, saya menyadari bahwa di Unika Atma Jaya sangat perlu menumbuhkembangkan semangat pelayanan bagi siapa saja dengan cara profesional dan tetap menghargai martabat manusia.





Ketiga, komitmen untuk mengupayakan kualitas lulusan Unika Atma Jaya yang "paripurna". Unika Atma Jaya mempunyai visi, misi, dan bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa, yang tidak hanya cerdas dalam bidang intelektual saja, melainkan juga memiliki integritas dan moral yang tinggi. Dalam era yang penuh dengan masalah hukum, sosial-politik, ekonomi dan pendidikan saat ini, motto "Terpercaya Kualitas Lulusannya" dirasa belum cukup. Melalui berbagai kajian tentang mutu lulusan, Atma Jaya perlu mencermati masalah tersebut secara benar dan menghasilkan rumusan yang jelas dan tegas mengenai "warna" dan kualitas lulusan Unika Atma Jaya ke depan. Pertanyaan-pertanyaan mengenai apa saja yang harus menjadi komponen "kualitas lulusan" Unika Atma Jaya, juga perlu digali agar menghasilkan lulusan yang benar-benar paripurna. Bercermin pada visi dan misi Unika Atma Jaya, kita harus mengupayakan keunggulan akademik yang tercermin pada Indeks Prestasi Kumuiatif (IPK), kualitas soft skill serta kualitas integritas pribadi dan moral. Upaya tersebut perlu didukung oleh kualitas Sumber Daya Manusia yaitu para tenaga pendidik dan kependidikan yang terlibat dalam proses pendidikan, termasuk memberikan contoh yang baik dan berkomitmen terhadap masalah integritas dan moral dalam melayani pemangku kepentingan.





Keempat, mengupayakan berbagai kemitraan dalam mewujudkan visi dan misi Unika Atma Jaya. Dalam proses mencerdaskan bangsa ini, harapan dan cita-cita untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas hanya dapat terwujud melalui kemitraan-kemitraan, baik dengan mitra internal maupun eksternal. Penekanan pada program kemitraan telah tercermin dalam motto yang saya gunakan sebagai Rektor. Saya mengharapkan, itu juga menjadi motto bagi seluruh jajaran pimpinan dalam memimpin dan berkomunikasi, baik dalam hubungan vertikal maupun horizontal, serta dengan unsur internal dan eksternal. "MITRA" sebagai motto kerja juga dirumuskan sebagai singkatan dari Moral, Integritas, Tulus, Ramah, dan Asa. Itu berarti berarti sebagai civitas academica Unika Atma Jaya diharapkan melakukan pekerjaan dengan moral dan integritas tinggi, melayani dengan tulus dan ramah, untuk mencapai asa (harapan) yang lebih baik. Yakni terciptanya komunitas akademik Atma Jaya yang berlandaskan iman. Melalui sambutan ini, perkenankanlah saya sebagai Rektor Unika Atma Jaya saat ini dengan segala kerendahan hati mengundang semua mitra Unika Atma Jaya untuk bergandengan tangan dan bersama-sama mewujudkan Unika Atma Jaya yang lebih baik di masa depan.





Hari ini, saya mengharapkan kepada seluruh civitas academica dan pemangku kepentingan Unika Atma Jaya, para dosen, karyawan, mahasiswa, orang tua mahasiswa, Yayasan Atma Jaya, Dewan Penyantun Unika Atma Jaya, alumni Unika Atma Jaya, serta seluruh mitra eksternal untuk mau bekerjasama dan membantu mewujudkan Unika Atma Jaya menjadi universitas yang mampu mendidik anak bangsa yang memiliki moral dan integritas, selain intelektual yang cemerlang. Bersama-sama, mari kita jalin kemitraan melalui hubungan dan komunikasi dua arah antara sesama mitra internal dan eksternal. Saya yakin, kemitraan yang terjalin baik akan bermuara pada Unika Atma Jaya yang lebih baik dan makin berkualitas di masa mendatang.





Dengan kualitas yang diberikan oleh semua stakeholders akhirnya kita bermuara pada kualitas hidup melalui kesejahteraan yang dapat diberikan Atma Jaya bagi kita. Sebelum saya akhiri sambutan ini, saya hendak menyampaikan ucapan terima kasih pada Bapak Uskup, dan para Romo yang telah memimpin Misa yang benar-benar memberikan semangat bagi kami untuk melaksanakan tugas perutusan dan pelayanan kami. Kepada Ibu/Bapak Pengurus, Pengawas, dan Pembina Yayasan Atma Jaya yang telah memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada saya untuk memimpin Unika Atma Jaya.





Terima kasih pula kami sampaikan kepada sahabat-sahabat saya, Prof. Dr. F.G. Winarno selaku Rektor Unika Atma Jaya beserta para Wakil Rektor yang telah menjalankan kepemimpinan selama 4 (tahun) lalu. Pak Win sebagai penggali sumur air minum yang menjadi kebutuhan Atma Jaya akan tetap kami ingat. Kepada hadirin yang terhormat, dan kepada teman-teman khususnya para dosen yang telah bekerjasama dan mendukung penuh pemilihan Rektor yang lalu saya ucapkan terima kasih. Secara khusus kepada Prof. Laura Sudarnoto, walaupun kami bersaing pada saat pemilihan, namun kami bergandeng tangan sebagai sahabat, sehingga terlaksananya pemilihan Rektor yang penuh damai dan demokratis, terimakasih Prof. Laura. Kepada Ibu Mariana Setiadharma, Ibu Bunanta, alm. Bpk Paul Cho yang diwakili Ibu Pwan Cho, saya mengucapkan terimakasih. Melalui Ibu Mariana, Ibu Bunanta, dan Bpk Paul Cho almarhum lah saya berproses menjadi nahkoda di Unika Atma Jaya. Juga terimakasih kepada mantan Rektor Prof. Dr. Thomas Suyatno, Prof Harrimurti, Prof Bernadette dan semua mantan Pengurus Yayasan Atma Jaya yang memungkinkan saya berkarya di Atma Jaya selama 24 tahun.





Sekali lagi terimakasih. Ucapan terima kasih kepada seluruh keluarga besar Herning Aruma, Sibarani, dan Pandjaitan, yang terutama pada Inang, Ito, Kakak-kakak, Adik-adik, dan keponakan-keponakan yang telah memberikan simpati yang mendalam, mendukung dan mendoakan saya dapat menjadi pimpinan Unika Atma Jaya. Khusus kepada suami, anak-anak, menantu dan cucu saya, terimakasih atas dukungan dan dorongan serta pengorbanan kalian dalam keluarga, karena tugas-tugas sebelum dan yang akan datang meminta pengorbanan lebih banyak lagi untuk kepentingan Atma Jaya yang lebih besar. Kepada sahabat-sahabat saya alumni Elektro ITB, alumni senior Radio 8-EH, dan dosen-dosen ITB, saya ucapkan terimakasih atas kehadiran dan kerjasama selama kurun puluhan tahun yang terjalin hingga saat ini. Dan, last but not least, terima kasih pula kepada Panitia Pelantikan Rektor Unika Atma Jaya dan rekan-rekan Fakultas Teknik yang telah mempersiapkan seluruh rangkaian acara ini dengan baik. Bapak Uskup, para Romo, Ibu/Bapak hadirin yang terhormat, Mengakhiri sambutan ini, perkenankanlah saya mengucapkan terima kasih pada semua hadirin yang dengan kerelaan hati mendukung Pimpinan Unika Atma Jaya periode 2011-2015. Kami tetap mohon doa agar senantiasa dapat menjalankan tugas perutusan kami dengan sebaik-baiknya. Semoga Tuhan senantiasa bersama dan memberkati kita semua. Fiat Voluntas Tua Prof. Dr. Ir. M.M. Lanny W. Pandjaitan, M.T.



Login
User Name
Password
 
Lupa Password | Daftar